Usai Serangan Paris, Inggris Gencarkan Pemberantasan Penyelundupan Senjata

ita Uli Hutapea – detikNews
penembakan di Charlie Hebdo (CBS News)

London, – Pemerintah Inggris akan meningkatkan upaya untuk menghentikan penyelundupan senjata lintas perbatasan. Ini dilakukan setelah serangan-serangan mematikan oleh para militan di Paris, Prancis. Inggris pun akan memperbarui protokol keamanannya untuk menangani insiden-insiden serupa.

Demikian disampaikan kantor Perdana Menteri (PM) Inggris David Cameron seperti dilansir kantor berita Reuters, Senin (12/1/2015).

PM Cameron menggelar pertemuan Senin pagi tadi waktu setempat untuk membahas serangan-serangan di Paris. Dalam pertemuan itu, ditelaah mengenai risiko kejadian serupa di Inggris. Kepolisian dan badan-badan keamanan Inggris lainnya pun setuju untuk memperbarui pelatihan mereka terhadap insiden-insiden serupa.

“Mereka juga membahas risiko yang ditimbulkan dari senjata api, sepakat bahwa kami harus meningkatkan upaya-upaya kami dengan negara-negara lain guna memberantas penyelundupan senjata ilegal lintas perbatasan,” ujar juru bicara Cameron.

Serangan teror di Paris dimulai dengan penembakan brutal di kantor majalah satir Charlie Hebdo pada 7 Januari lalu. Sebanyak 12 orang termasuk polisi tewas dalam insiden itu. Dilanjutkan kemudian dengan aksi penyanderaan di supermarket Yahudi atau kosher pada 9 Januari yang menewaskan empat orang.

Pada Agustus 2014 lalu, pemerintah Inggris menaikkan level peringatan terorisme di negeri itu ke level tertinggi kedua, yang artinya serangan teroris “sangat mungkin” terjadi. Pekan lalu, kepala dinas keamanan Inggris, MI5 mengatakan bahwa para militan Al-Qaeda di Suriah merencanakan serangan-serangan untuk menimbulkan korban jiwa yang besar di negara-negara Barat.

Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di “Reportase Malam” pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(ita/ita)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s