Basarnas: Operasi Gabungan Pencarian QZ8501 Memasuki Tahap Akhir

Jakarta – Kepala Basarnas Marsekal Madya FHB Soelistyo mengatakan saat ini adalah tahap akhir proses penutupan operasi gabungan pencarian AirAsia QZ8501. Menurutnya, operasi pencarian terdapat awal serta akhir, dan kini memasuki tahap akhir operasi gabungan.

“Bahwa operasi ada awal ada akhir, ada action lanjutan. Ini tahapan, langkah yang selalu terjadi, supaya memastikan kegiatan kita itu firm. Tidak ada operasi itu seumur hidup,” kata Kepala Basarnas Marsekal Madya FHB Soelistyo di Kantor Basarnas, jalan Angkasa, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (12/1/2015).

Soelistyo menjelaskan meski operasi gabungan nantinya ditutup, Basarnas masih melanjutkan operasi pencarian jenazah. Operasi yang dilakukan Basarnas menggunakan operasi harian tanpa bantuan dari pihak lain.

“Tapi ingat ada harapan, harapan keluarga. Saya tahu persis, paham bagi benak keluarga yang pada saat ini belum teridentifikasi sehingga belum tahu keluarga itu sudah ditemukan atau belum. Tapi operasi juga ada hitungan efektivitas dan efisiensi, saya harus berada di tengah itu, tidak mudah ini, tapi saya yakin kita harus bijak meluruskan sesuatu. Tapi harus pasti supaya ada langkah yang jelas,” ujar Soelistyo.

Meski telah memasuki proses penutupan operasi gabungan, tapi hingga saat ini Basarnas enggan memberitahukan kapan tepatnya operasi gabungan akan ditutup.

“Saya tidak bisa mengatakan sekarang, karena pertimbangan-pertimbangan. Nanti pada waktunya akan saya umumkan resmi. Dan saya minta live semua supaya publik paham bahwa pada saat itu operasi ditutup tetapi dilanjutkan dengan operasi harian,” jelas Marsekal Bintang Tiga ini.

Saat operasi gabungan telah ditutup, Soelistyo memastikan Basarnas tetap mampu mengcover pencarian jenazah. “Begini-begini Basarnas punya kapal. Area operasi sudah jelas semakin difokuskan, kalau ikut dari hari ke hari dengan area seperti ini kekuatan-kekuatan Basarnas masih bisa mengcover,” imbuhnya.

“Tapi tentu ada sistem yang belum kita punya, untuk melengkapi itu sudah ada teman-teman potensi yang siap membantu saya. Kita tidak sendiri ada support dari potensi, kelompok-kelompok masyarakat pencinta kegiatan kemanusiaan,” tutupnya.

Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di “Reportase Malam” pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(tfn/fjr)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s