10 Ribu Tentara Prancis Dikerahkan Amankan Paris

Novi Christiastuti Adiputri – detikNews
Ilustrasi (Reuters)

Paris – Otoritas Prancis mengerahkan lebih dari 10 ribu tentaranya untuk menjaga keamanan ibukota Paris setelah maraknya serangan terorisme. Para tentara ini dikerahkan di lokasi-lokasi penting dan strategis di Paris.

Berbicara sehari setelah long march bersejarah digelar di Prancis, Menteri Pertahanan Jean-Yves Le Drian menyebut bahwa Prancis masih berisiko dilanda serangan lainnya. Demikian seperti dilansir Reuters, Senin (12/1/2015).

“Ancamannya masih terus ada dan kita harus melindungi diri kita sendiri dari mereka. Ini seperti operasi internal yang mengerahkan banyak personel hampir sama seperti operasi luar negeri kita,” sebut Le Drian kepada wartawan setempat usai rapat kabinet.

Total ada 17 orang yang tewas dalam serangkaian serangan terorisme selama 3 hari berurut-turut di Prancis, pekan lalu. Diawali dengan penembakan di kantor majalah satir Charlie Hebdo pada Rabu (7/1) lalu hingga penyanderaan di supermarket Yahudi di Paris.

Serangan di kantor Charlie Hebdo menewaskan 12 orang termasuk dua polisi dan para jurnalis. Serangan ini disebut-sebut dilakukan terkait karikatur Nabi Muhammad yang pernah dipublikasikan Charlie Hebdo.

Pelaku penembakan Charlie Hebdo, yang terdiri atas kakak-beradik Said dan Cheriff Kouachi serta seorang pemuda berusia 18 tahun, Hamyd Mourad. Mourad terlebih dahulu menyerahkan diri, sedangkan Kouachi bersaudara menjadi buron selama 2 hari, sebelum akhirnya tewas di tangan polisi setelah dikepung di pinggiran Prancis.

Pertumpahan darah lainnya terjadi pada Jumat (9/1), ketika Amedy Coulibaly melakukan penyanderaan di supermarket Yahudi dan berujung pada tewasnya empat sandera. Coulibaly tewas di tangan polisi setelah penggerebekan di lokasi tersebut dilakukan.

Dalam keterangan terpisah, Menteri Dalam Negeri Bernard Cazeneuve menyebutkan, sekitar 4.700 personel kepolisian dikerahkan di sebanyak 717 sekolah Yahudi di Prancis. Hal ini sebagai langkah antisipasi usai serangan di supermarket Yahudi yang dilakukan Coulibaly.

Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di “Reportase Malam” pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(nvc/ita)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s