Polisi China Tembak Mati 6 Orang di Xinjiang

Rita Uli Hutapea – detikNews

Beijing, – Sekelompok “mafia” mencoba meledakkan bahan peledak di distrik bisnis di wilayah rusuh Xinjiang, China, hari ini. Polisi pun terpaksa menembak mati enam orang dari mereka.

Demikian disampaikan pemerintah setempat melalui situs berita resminya, seperti dilansir kantor berita Reuters, Senin (12/1/2015).

Disampaikan bahwa kepolisian di wilayah Shule, sebelah selatan kota Kashgar beraksi setelah menerima informasi mengenai “orang mencurigakan yang membawa bahan peledak”.

Seorang pria bersenjata kapak kemudian mencoba menyerang para polisi dan meledakkan bom. Akibatnya, polisi pun menembak mati pria tersebut.

Juga disebutkan, polisi yang sedang mencoba menjinakkan sebuah bahan peledak, diserang oleh lima “penjahat” yang mencoba meledakkan bom itu. Namun tidak dijelaskan apakah ini insiden terpisah atau tidak. Disebutkan bahwa kelima orang itu pun tewas ditembak polisi.

Tidak disebutkan lebih rinci mengenai para penyerang yang tewas tersebut.

Ratusan orang telah tewas dalam berbagai kekerasan di wilayah Xinjiang selama dua tahun terakhir. Kekerasan tersebut terjadi antara warga muslim Uighur dan warga etnis mayoritas Han China. Pemerintah China juga menyalahkan para militan muslim dari Xinjiang dalam serangan-serangan lainnya di China, termasuk di Beijing.

Dua bulan lalu, 15 orang tewas ketika sekelompok orang melemparkan bahan peledak ke jalanan yang dipenuhi para pedagang makanan di Xinjiang.
Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di “Reportase Malam” pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s